PEMAMFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN

PEMAMFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN

  • Technology has great potential to enhance education if appropriately applied. Yet debates rage on about whether it holds great promise, drains resources, or even presents dangers to our children (Armstrong & Casement, 2000; Cuban, 1986; Roszak, 1994; Sloan, 1985; Stoll, 1999)
  • Learning is a complex process. Naturally, there are outside factors such as politics, budgets, bureaucracy, opinions, and personalities that influence all sides of the debate. Perhaps we can make better decisions about learning environments if we understand some of the background and issues at hand. (J. Ana Donaldson, 2001)

Pendidikan merupakan pondasi suatu bangsa. Negara maju memiliki sistem pendidikan yang lebih baik dibandingkan Negara-negara berkembang. Sehingga untuk mengejar ketertinggalan dibidang pendidikan suatu Negara harus selalu melakukan inovasi-inovasi yang sesuai dengan anak didik dan tuntunan dunia.  Menurut hasil penelitian para ahli adalah “Kebehasilan dunia pendidikan berhubungan erat dengan keberhasilan dan kemajuan suatu bangsa serta tingkat rata-rata pendidikan mencerminkan kualitas manusia dari Negara tersebut”.

Dunia pendidikan di Indonesia pada saat ini sedang mengalami metamorfosa dan sedang mencari-cari model yang dapat diterapkan di dunia pendidikan tanah air. Pada sisi lain khususnya pada Pendidikan Tinggi terdapat beberapa permasalahan akan daya serap dan kompetensi dari lulusan SLTA. Dari data yang ada hanya 30% lulusan SLTA sederajat yang dapat melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi.  Untuk mengatasi permasalahan ini, maka kualitas proses pembelajaran di pendidikan dasar, menengah dan tinggi harus mengalami perbaikan yang signifikan, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan kemampuan yang memadai.

Perkembangan Teknologi memberikan pengaruh yang sangat besar pada Dunia pendidikan pada saat ini. Teknologi sudah terintegrasi dalam proses pembelajaran maupun yang terkait dengannya.  Indonesia dapat memamfaatkan dan memaksimalkan penggunaan teknologi ini dalam proses peningkatan kualitas pendidikan.

Download bahan PPT  (Pemamfaatan IT dalam pembelajaran)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s