PROGRAM STUDENT SOCIAL RESPONSIBILITY (SSR)

PENINGKATAN POTENSI  MASYARAKAT DENGAN PROGRAM STUDENT SOCIAL RESPONSIBILITY (SSR)

  • Program ini dikembangkan berdasarkan ide dan diskusi bersama  dengan Bpk Rektor IBI Darmajaya Lampung (DR. Andi Desfiandi., MA)

(Disusun dari berbagai sumber)

Upaya pengembangan masyarakat Indonesia yang merata, adil dan makmur tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah semata. Secara proporsional tugas ini diemban pula  oleh  seluruh  komponen  bangsa  lainnya,  termasuk  di  dalamnya  masyarakat  yang bersangkutan itu sendiri, maupun oleh Perguruan Tinggi. Seluruh komponen ini mempunyai kepentingan untuk secara aktif bersinergi dalam upaya perbaikan taraf kesejahteraan masyarakat.

Krisis ekonomi permasalahan lainnya selama beberapa tahun terakhir di Indonesia telah meningkatkan jumlah pengangguran terbuka. Salah satu sumber permasalahan adalah melemahnya pertumbuhan industri dan bisnis. Lemahnya pertumbuhan ini mengakibatkan taraf hidup masyaraka menjadi turun.

Pertumbuhan eknomi salah satunya disumbangkan oleh Unit-unit usaha mikro dan UKM yang terdapat di desa-desa. Dimana peranan unit usaha tersebut dalam membangun masyarakat dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa merupakan sumbangan yang nyata. Desa yang maju dapat dilihat dari berapa banyak UKM yang berhasil dan bagaimana masyarakat desa tersebut menggali potensi yang ada pada mereka.

Program Student Social Responsibility (SSR)

Mahasiswa  sebagai  generasi  penerus  sekaligus  elemen  intelektual  dalam masyarakat adalah salah satu pihak yang turut mengemban amanah pembangunan bangsa. Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, peran serta mahasiswa dalam masyarakat tidaklah dibatasi pada kewajiban akademis dan lingkungan kampus saja, melainkan juga vital pada berbagai fungsi lain di lapangan. Mahasiswa dituntut untuk secara kritis mampu terlibat lebih aktif dalam upaya pembangunan nasional, melalui proses belajar dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diiringi pula dengan kerja nyata di lingkungan. Dan pengabdian mahasiswa di bidang pembangunan masyarakat ini dapat dimulai sejak dini melalui berbagai bentuk aplikasi karya dan bakti.

Salah satu langkah yang dapat diambil oleh Perguruan Tinggi adalah mengembangkan program SSR. Program SSR adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan rasa social, berkehidupan bermasyarakat, menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa, dan membantu masyrakat desa. Program SSR  mensyaratkan bahwa mahasiswa harus turun kemasyarakat untuk melihat, menggali dan mengoptimalkan potensi yang ada pada masyakat, khususnya masyarakat desa.

Diharapkan, dengan kegiatan Akademis yang dikelola secara optimal dan terorganisir dapat mengemas misi pendidikan, dan akhirnya akan menuju perbaikan taraf hidup serta peningkatan kesejahteraan jangka panjang yang mandiri dan terarah bagi masyarakat desa.

Program SSR diharapkan dapat melengkapi latar belakang akademis dan kemampuan analisis yang didapatkan selama kuliah di Perguruan Tinggi  dengan pengalaman terjun langsung kemasyarakat, sehingga pada akhirnya akan menghasilkan SDM yang secara akademis berwawasan luas dan sekaligus mampu menjawab tantangan dunia kerja dan menciptakan lapangan kerja.

SSRGambar 1. Manfaat pelaksanaan program SSR

Tahapan Pelaksanaan SSR

Tahapan-tahapan pelaksanaan program SSR:

  1. Mahasiswa mengambil mata kuliah SSR dengan persyaratan telah lulus yang relevan.
  2. Mahasiswa di dampingi oleh pembimbing melakukan observasi ke lapangan dalam upaya melihat dan menggali potensi desa.
  3. Mengembangkan konsep-konsep peningkatan potensi desa.
  4. Mengimplementasikan konsep terbaik dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Tahapan-tahapan pelaksanaan program SSR dapat dilihat pada gambar 2

ssr2

Gambar 2. Tahapanl pelaksanaan SSR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s