Peningkatan Pengelolaan Perguruan Tinggi Swasta

Peningkatan pengelolaan perguruan tinggi memegang peranan terpenting untuk dapat menjamin keberlangsungan dan eksisten sebuah PTS, adalah salah satu jalan untuk dapat menjadi PTS yang baik dan diperhitungkan di Indonesia.  Oleh karena itu PTS harus menggunakan segala energi dan sumber daya yang ada untuk selalu berusaha melakukan peningkatan pengelolaan organisasinya.

Pada dasarnya pengelolaan PT adalah proses bagaimana meningkatkan produktivitas dan efisiensi pada proses, konten dan sumber daya yang ada. Variabel-variabel keputusan dalam pengelolaan PT sebaiknya diturunkan menjadi variabel yang lebih terukur, sehingga akan menjadi lebih mudah dalam proses perbaikan dan mengukur tingkat keberhasilan yang dicapai.

Salah satu teknik untuk menganalisa dan mencari variabel keputusan dan akar permasalahan serta penyebab utamanya adalah dengan fish bone dan diagram pareto, atau dapat menggunakan model L-RAISE (Leadership, Relevance, Academic Atmosphere, Internal management, Sustainability, Efficiency and Productivity) . Gambar di bawah adalah contoh bagaimana menggunakan fish bone sebagai alat dalam mencari variabel keputusan dan akar permasalahan serta penyebab utamanya.

Gambar

Gambar 1. Variabel-variabel peningkatan pengelolaan PT

Berdasarkan gambar diatas variabel-variabel keputusan dapat diturunkan dan kemudian dicari akar persamalahan serta penyebab utamanya dari sistem yang sedang berjalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s